Langsung ke konten utama

Pengertian dan Bentuk-bentuk Kelompok Sosial


Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok sosial diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok sosial juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya.

Berikut ini berbagai macam kelompok atau asosiasi dalam masyarakat:
a.       In group-Out group
In group (kelompok dalam) merupakan kelompok sosial yang diantara anggota-anggotanya saling simpati dan mempunyai perasaan dekat satu dengan lainnya. Misalnya klik. 
Sedangkan outgroup (kelompok luar) ialah kelompok yang berada di luar suatu kelompok yang ditandai oleh adanya antagonisme, prasangka atau antipati. Misalnya orang-orang kulit hitam di lingkungan orang-orang kulit putih.
b.      Kelompok Primer - Sekunder
Klasifikasi ini dikemukakan oleh C.H. Colley (1909). Kelompok primer dan sekunder dibedakan berdasarkan ada tidaknya ciri saling mengenal atau kerjasama yang erat dan bersifat personal di antara anggota-anggotanya.
c.       Gemainschaft dan Gesselschaft
Gemainschaft (paguyuban) adalah suatu bentuk kehidupan bersama yang anggota-anggotanya diikat oleh hubungan batin yang murni, bersifat alamiah dan kekal. 
Ciri-ciri : (1) intim, (2) privat, dan (3) eksklusif. Misalnya keluarga.
Menurut Tonnies, ada tiga tipe gemeinschaft, yaitu: 
(1) gemainschaft by blood, contohnya keluarga atau kelompok kekerabatan (klen), 
(2) gemainschaft of place, misalnya orang-orang se-RT/RW,
(3)gemainschaft of mind, yaitu paguyuban yang terdiri atas orang-orang yang memiliki jiwa atau ideologi yang sama. Misalnya: kelompok keagamaan (umat), sekte, kelompok kebatinan, dan sebagainya.
     Gesselschaft (patembayan) adalah suatu bentuk kehidupan bersama yang didasarkan pada ikatan lahir dan bersifat  kontraktual. Contohnya: Sebuah perusahaan atau organisasi buruh.
d.      Kelompok Formal dan Informal
Kelompok formal merupakan kelompok yang mempunyai peraturan-peraturan yang tegas dan sengaja diciptakan. 
         Kelompok informal merupakan kelompok yang dibangun berdasarkan hubungan-hubungan yang bersifat personal dan tidak ditentukan oleh aturan-atuan yang resmi.
e.       Kelompok organik dan mekanik
Di dalam kelompok organik terdapat pembagian kerja yang rinci dan tegas di antara anggota-anggotanya, sedangkan pada kelompok mekanik tidak terdapat pembagian kerja. Ada tidaknya pembagian kerja ini menimbulkan pula sifat solidaritas antar-anggota yang berbeda. Pada kelompok organik terdapat solidaritas organik, dan dalam kelompok mekanik terdapat solidaritas mekanik.
f.        Membership dan reference group
        Membership Group merupakan kelompok dengan anggota-anggota yang tercatat secara fisik sebagai anggota. Sedangkan reference group merupakan kelompok acuan, maksudnya orang menjadikan kelompok yang bersangkutan sebagai acuan bertindak dan berperilaku, walaupun secara fisik ia tidak tercatat sebagai anggota.



contoh artikel masalah sosial yang terjadi saat ini

Kikis Ketimpangan Sosial, Bamsoet Minta Masyarakat Tingkatkan Kepedulian

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang menilai kondisi kemiskinan yang mendera masyarakat selama ini telah melahirkan banyak kaum dhuafa (kaum lemah) dan kaum mustadh'afin (kaum tertindas). Politisi Golkar dengan panggilan akrab Bamsoet ini memandang kegiatan buka puasa bersama bisa menumbuhkembangkan nilai-nilai solidaritas sosial antar sesama.
Kegiatan buka bersama juga disebutnya menjadi wujud bersyukur untuk menggapai keberkahan hidup. Bamsoet mengingatkan, kepedulian kepada sesama juga bisa menjadi barometer sejauh mana kesempurnaan iman seorang muslim.
"Terlebih sambil menyantuni anak-anak yatim dan piatu, akan menumbuhkan kasih sayang dan kebersamaan dalam bingkai silaturahim," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Jakarta, Senin (4/6/2018).
Sejatinya dalam hidup, tidak ada yang lebih menyenangkan selain dapat berbagi kebahagiaan kepada mereka yang membutuhkan. Karena itu, ia mengajak terus untuk terus memperkuat kepedulian sosial agar jarak antara kaya dan miskin semakin kecil.
Islam sebagai rahmat bagi semesta alam, menurut Bamsoet juga memiliki ideologi pembebasan. Sebagaimana sabda Nabi Muhamad SAW, 'Tidak sempurna iman seseorang di antara kamu sehingga dia mencintai saudaranya sama seperti mencintai dirinya sendiri'.
"Ajaran ini harus senantiasa kita pegang dan amalkan. Insya Allah dengan demikian kita senantiasa akan menjadi ummat yang unggul baik secara aqidah, ekonomi, dan sebagainya," papar Bamsoet.

Mantan Ketua Komisi III ini berpesan agar segenap anak bangsa senantiasa mendoakan keselamatan bangsa dan negara. Melalui kekuatan doa, Allah diyakininya akan memberikan pertolongan atas berbagai permasalahan bangsa yang dihadapi.
“Saya percaya kekuatan doa sangat besar. Saling mendoakan sesama saudara muslim maupun saudara sebangsa akan menjadikan ikatan persaudaraan kita semakin kuat. Melalui doa yang bersama kita panjatkan, Insya Allah Tuhan Yang Maha Esa senantiasa menjaga dan melindungi bangsa dan negara Indonesia," tukas Bamsoet.
Sementara itu Ahmad Sahroni yang juga tercatat sebagai anggota Komisi III DPR mengungkapkan, buka puasa bersama tersebut menjadi momentum klub Mc’larens untuk berbagi dengan sesama, khususnya anak yatim.
“Ramadhan ini menjadi momentum kami yang tergabung dalam klub pemilik mobil Mc’laren untuk berbagi ke sesama. Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap tahunnya,” ucap Sahroni berharap masyarakat tak memandang negatif pemilik mobil sport sebagai komunitas yang gemar ugal-ugalan di jalan raya.

Opini yang saya dapat setelah membaca artikel diatas adalah Buka bersama yang diadakan oleh ketua DPR dan bertujuan untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai solidaritas sosial antar sesama ini merupakan salah satu langkah atau tahapan awal untuk memulai penanggulangan kemiskinan di indonesia. sebab didalam acara ini Bamsoet mengingatkan mengenai kepedulian kepada sesama juga bisa menjadi barometer sejauh mana kesempurnaan seorang muslim.hal ini dapat dijadikan sebuah contoh bagi masyarakat yang lainnya dan juga sebagai contoh bagi para petinggi negeri untuk segera berperan dalam menuntaskan kemiskinan yg ada di Indonesia. 

sumber : http://gudangdocumen.blogspot.com/2017/06/kelompok-sosial-dalam-masyarakat.html
https://www.liputan6.com/news/read/3548621/kikis-ketimpangan-sosial-bamsoet-minta-masyarakat-tingkatkan-kepedulian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ITSM (Information Technology Service Management)

ITSM (Information Technology Service Management) atau Manajemen Layanan Teknologi Informasi adalah suatu metode pengelolaan sistem teknologi informasi (TI) yang secara filosofis terpusat pada perspektif konsumen layanan TI terhadap bisnis perusahaan. ITSM merupakan kebalikan dari pendekatan manajemen TI dan interaksi bisnis yang terpusat pada teknologi. Istilah ITSM tidak berasal dari suatu organisasi, pengarang, atau pemasok tertentu dan awal penggunaan frasa inipun tidak jelas kapan dimulainya. Manfaat ITSM: ·        Mengurangi pemakaian biaya, yaitu dengan mengintegrasikan layanan dan rantai produk pasokan ·        Tingkat persediaan layanan dapat dikurangi, maka total biaya persediaan juga dapat dikurangi ·        Layanan pelanggan dapat dioptimalkan ·        Meningkatkan pendapatan layanan ·        Mengurangi biaya tidak perlu dari bagian layanan melalui perbaikan ramalan/perkiraan ·        Meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan Kerangka kerja (frame

Review Film "BUMI MANUSIA"

REVIEW FILM "BUMI MANUSIA" By:RahmadillaSM Pemeran Film "Bumi Manusia" Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Mawar Eva de Jongh sebagai Annelies, Sha Ine Febriyanti sebagai Ontosoroh/Sanikem, Amanda Khairunnisa sebagai Sanikem muda, Giorgino Abraham sebagai Robert Mellema, Bryan Domani  sebagai Jan Dapperste/Panji Darman, Jerome Kurnia sebagai Robert Suurhof, Donny Damara sebagai Bupati B, ayah Minke, Ayu Laksmi  sebagai Ibu Minke, Dewi Irawan  sebagai Mevrouw Telinga, Chew Kin Wah  sebagai Ah Tjong, Kelly Tandiono  sebagai  maiko , Christian Sugiono sebagai Kommers, Hans de Kraker sebagai Jean Marais, Ciara Brosnan sebagai May Marais, Edward Suhadi sebagai Gendut Sipit, Jeroen Lezer sebagai Martinet, Rob Hammink sebagai Maarten Nijman, Tom de Jong sebagai Herbert de la Croix, Peter Sterk sebagai Herman Mellema, Salome van Gruinsven sebagai Miriam de la Croix, Dorien Verdouw sebagai Sarah de la Croix, Angelica Reitsma sebagai Magda Peters,

MAKALAH AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI

  TUGAS AUDIT TEKNOLOGI SISTEM INFORMASI     Oleh : Rahmadilla Salsabila Mahdison (15118812)   Dosen: Imam Ahmad Trinugroho, ST., MMSI.   FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI UNIVERSITAS GUNADARMA DEPOK 2021   BAB I PENDAHULUAN   1.1. Latar Belakang       Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang informasi dan komunikasi yang mampu menciptakan alat-alat yang mendukung perkembakangan teknologi informasi, mulai dari system komunikasi sampai dengan alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif). Perkembangan cara penyampaian indormasi yang dikenal dengan istilah teknologi informasi bisa dikatakan telah merasuki kesegala bidang, karena dengan dukungannya membuat organisasi/instansi dan individu/perseorangan dalam kancah dunia bisnis merasa memiliki keunggulan daya saing luar biasa khusunya dalam mengaudit system informasi akutansi yang berbasis pada komputerisasi guna membantu meningkatkan penyediaan informasi agar dapat